Pendidikan

Babinsa Kodim 0617 Majalengka Jadi Pengajar Bahasa Inggris

Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:06
Babinsa Kodim 0617 Majalengka Jadi Pengajar Bahasa Inggris Peltu Dedi Suryadi, seorang babinsa Kodim 0617/ Majalengka tengah memberi pelajaran bahasa inggris kepada para pelajar. (FOTO: dok Kodim 0617/Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES SUKABUMI, MAJALENGKA – Peltu Dedi Suryadi, seorang Babinsa Kodim 0617/Majalengka, tidak pernah absen dan selalu menyempatkan waktunya untuk berbagai ilmu dan kemampuan di masyarakat.

Disela tugasnya dan suasana pandemi covid-19, dia meluangkan waktu mengajarkan anak-anak belajar Bahasa Inggris di wilayah Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Dedi memiliki bekal kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik.

Prajurit TNI AD tersebut, nyambi melakukan aktivitas mengajari anak-anak berbahasa inggris di wilayah binaannya itu, memang sudah dilakukan sejak lama. Namun, semenjak adanya penyebaran COVID-19 beberapa bulan terakhir ini.

"Saya harap dengan pemberian tambahan pelajaran Bahasa Inggris, akan menambah wawasan anak-anak tersebut," Harap Dedi, Kamis (20/8/2020).

Peltu-Dedi-Suryadi-2.jpg

Dedi menyampaikan, di era moderen saat ini semua masyarakat dituntut untuk melek teknologi. Sementara, kebanyakan teknologi saat ini menggunakan bahasa inggris.

Menurut dia, pandemi Corona saat ini tidak harus menjadi alasan untuk membatasi setiap anak mendapatkan akses pendidikan yang layak.

"Jadi, dari pada mereka hanya tinggal dirumah dan tidak ada aktivitas apa-apa, mendingan saya ajari mereka tambahan bahasa inggris. Namun, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Baginya berbagi ilmu kepada anak-anak di pedalaman desa tersebut merupakan kepuasan tersendiri. "Tentu ada kepuasan tersendiri dan itu membuat saya sangat bahagia sekali," ucapnya.

Selama menjalankan aktivitasnya di desa itu, Dedi mengaku, mendapat dukungan dari warga desa setempat. Bahkan, para siswa sangat antusias mengikuti bahasa inggris yang diberikan oleh Peltu Dedi Suryadi.

Mereka, sesekali bercanda dan bergurau, suasana belajar mengajar di Koramil itu pun menjadi hangat.

"Kegiatan ini merupakan rasa peduli Kodim 0617/Majalengka, dengan dunia pendidikan," Jelasnya.

Peltu-Dedi-Suryadi-3.jpg

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1713/Ligung, Kapten Cba Suhardi mengatakan,  selama pembelajaran dengan sistem daring. Pelajar yang ada di sekitar Kecamatan Ligung, dipersilahkan datang langsung ke Koramil 1713/Ligung.

"Para pelajar saat ini bisa menggunakan fasilitas wifi gratis di Koramil 1713 Ligung, untuk kegiatan belajar daring. Bahkan, kami bersama Babinsa mendampingi langsung, dengan tujuan untuk memberikan bantuan penjelasan apabila ada hal yang tidak dimengerti," ungkap Suhardi kepada TIMES Indonesia.

Di samping, para pelajar dapat memanfaatkan pasilitas wifi gratis tersebut, menurut Danramil, bahwa para siswa/siswi juga sekaligus akan diajari Bahasa Inggris oleh anggota Babinsa Koramil 1713, Peltu Dedi Suryadi tersebut.

Sementara itu, salah seorang pelajar asal Ligung, Salsabila menyampaikan sangat senang dengan adanya wifi gratis, sehingga dapat membantu meringankan beban orang tua.

"Apalagi, ada tambahan pelajar bahasa inggris yang diajarkan oleh Bapak TNI, ini sangat mudah diterima dan sangat membantu saya dalam menambah wawasan," katanya.  
Kerlibatan Babinsa Kodim 0617/Majalengka dalam pendidikan ini pun banyak mendapatkan apresiasi masyarakat di wilayaha kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sukabumi just now

Welcome to TIMES Sukabumi

TIMES Sukabumi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.