Gaya Hidup

Ini Makanan yang Membantu Mengurangi Sembelit Selain Pepaya dan Pisang

Senin, 02 Agustus 2021 - 04:22
Ini Makanan yang Membantu Mengurangi Sembelit Selain Pepaya dan Pisang ILUSTRASI - Minum air putih. (FOTO: Hello Sehat)

TIMES SUKABUMI, JAKARTA – Satu lagi penyakit yang membuat perut anda tersa begah dan tidak nyaman, sembelit. Secara umum, sembelit merupakan gannguan pencernaan dimana penderita akan mengalami susah buang air besar. Pada penderita sembelit umumnya hanya akan buang air besar setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Pada manusia normal, pencernaan akan membuang kotoran setiap hari, umumnya hal ini terjadi pagi hari setelah bangun tidur. Beberapa orang yang memiliki pencernaan cukup bagus dan pola makan yang baik bahkan mampu membuang kotoran mereka 3 kali sehari.

Namun, jika anda mengalami sembelit  ada beberapa makanan yang bisa melancarkan pencernaan anda meskipun hal tersebut juga memakan waktu. Namun setidaknya beberapa makanan ini akan membantu anda terhindar dari sembelit jika anda mengonsumsinya sevara teratur. Yuk, cek daftarnya. 

Air

90 persen dari tubuh terdiri dari air. Nah itu kenapa air sangat penting bagi tubuh kita. Kurang minum air selain menyebabkan dehidraasi juga akan mengakibatkan sembelit atau susah buang air besar. Tekstur kotoran yang padat karena kekurangan cairan akan menyiksa anda saat buang air besar. Minumlah air sesuai kebutuhan tubuh anda. Setidaknya sediakan segelas air minum saat anda duduk bersantai atau bekerja. 

Apel

makanan mencegah konstipasi 2Apel. (FOTO: Unslash)

Pepatah bilang "an apple a day keeps the doctor away" yang artinya, satu buah apel sehari akan menjauhkan kita dari mengunjungi dokter. Hal ini karena menurut penelitian, apel mampu memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selain yang kita peroleh dari makanan yang kita makan sehari-hari. Serat yang dimiliki apel juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Sayuran

makanan mencegah konstipasi 5Sayuran. (FOTO: Unsplash)

Bagi yang mengalami sembelit, mungkin anda perlu memeriksa isi dari piring makanan anda. Sudah cukupkah sayuran dalam piring anda tersebut? Atau mungkin anda merupakan tipe-tipe orang yang tidak menyukai sayuran dan hanya makan nasi dengan lauk saja? Nah, jika anda mengalami sembelit sepertinya anda perlu menambahkan sayuran ke dalam menu anda.   

Kacang-kacangan

makanan mencegah konstipasi 3Kacang-kacangan. (FOTO: Unsplash)

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa kacang-kacangan mampu membantu melancarkan pencernaan akibat sembelit.  Kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang merah, lento, kacang rebus memiliki serat yang baik. Dilansir dari A lot secangkir biji kacang memiliki serat sekitar 10 gram. Sserat ini akanmembantu meprelancar pencernaan anda.

Madu

makanan mencegah konstipasi 4Madu. (FOTO: Unsplash)

Madu sering disebut sebagai obat pencahar ringan. Dalam artian jika nad amemiliki sembelit dn mengkonsumsi madu maka sembelit anda bisa berkurang. Cukup dengn meminum madu asli 2 sendok makan pagi dan sore, maka sembelit anda akan teratasi.

Susu murni

makanan mencegah konstipasi 6Susu. (FOTO: Unsplash)

Kandungan lactosa dalam susu sejatinya tidak diperuntukkan untuk orang dewasa. Makanya banyak orang dewasa yang mengkonsusmsi susu. Namun saat anda sembelit tak ada salahnya anda meminum susu dan melihat apakah susu bisa membantu melancarkan percernaan anda. Selamat mencoba. (*)

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sukabumi just now

Welcome to TIMES Sukabumi

TIMES Sukabumi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.