Gaya Hidup

Lebaran Kurang Lengkap Tanpa Si Hitam Manis Madu Mongso, Gimana Cara Buatnya?

Rabu, 12 Mei 2021 - 15:19
Lebaran Kurang Lengkap Tanpa Si Hitam Manis Madu Mongso, Gimana Cara Buatnya? Kemasan madu mongso dengan varian warna. (Foto: Shopee)

TIMES SUKABUMI, JAKARTAMadu mongso merupakan jajanan legendaris yang berasal dari Jawa Timur. Kuliner ini berasal dari proses ketan hitam yang diolah melewati proses fermentasi. Tidak hanya hari biasa, jajanan satu ini juga dijadikan rekomendasi sebagai jajanan lebaran Idul Fitri.

Namun, saat ini Madu mongso sebagai pelengkap Lebarann mulai susah ditemukan. Yuk kita hadirkan lagi kuliner tradisional ini sebagai pelengkap lebaran kita.    

Cara membuat madu mongso sebenarnya cukup sederhana. Bahan yang diperlukan antara lain 1,5 kg tape ketan hitam, 1 liter santan kelapa, 300 gram gula jawa, 2 lembar daun pandan, daun pisang secukupnya.

Sebagai bahan pelengkap juga diperlukan plastik atau bisa juga kertas minyak. Berikut cara membuatnya:

1. Tiriskan tape ketan sampai tidak lagi mengeluarkan air. Kemudian sisihkan sebentar. Sembari itu, rebus santan bersama dengan daun pandan sampai berminyak lalu masukkan gula jawa. Aduk sampai rata.

2. Masukkan tape ketan hitam kedalam adonan sebelumnya, kemudian aduk hingga kental dan tercampur semuanya. Pada proses ini, gunakan api kecil untuk memasaknya. Lalu angkat

3. Jika sudah dingin, tuang diatas alas yang sudah disiapkan misalnya daun pisang atau plastik. Kemudian, tunggu sampai dingin. 

4. Jika sudah dingin, adonan bisa diambil dengan menggunakan sendok untuk dibungkus serapih mungkin. Bungkus madu mongso dapat berupa kertas minyak maupun dibungkus dengan plastik. 

Itulah cara membuat Madu mongso dan dapat menjadi rekomendasi untuk jajanan lebaran. Selain manis dan nikmat, bentuk madu mongso sendiri juga sangat menarik.(*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sukabumi just now

Welcome to TIMES Sukabumi

TIMES Sukabumi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.