Berita

Hadiri Uji Kompetensi Wartawan, Begini Pesan Ahmad Basarah kepada Peserta

Jumat, 17 September 2021 - 13:47
Hadiri Uji Kompetensi Wartawan, Begini Pesan Ahmad Basarah kepada Peserta Wakil MPR RI, Ahmad Basarah saat menghadiri pra UKW yang digelar oleh PWI Malang Raya, Jumat (17/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES SUKABUMI, MALANG – Sebanyak 48 jurnalis se Malang Raya tengah mengikuti pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh PWI Malang Raya bertempat di Kampus C IKIP Budi Utomo, Jumat (17/9/2021).

Dalam kegiatan Pra UKW tersebut, turut hadir Wakil MPR RI, Ahmad Basarah dan juga Rektor IKIP Budi Utomo, Nurcholis Sunuyeko.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, total ada 72 pendaftar dari 48 jurnalis Malang Raya yang saat ini mengikuti Pra UKW.

"Yang lain akan kami ikutkan dalam UKW di Bulan Desember mendatang," ujar Cahyono, Jumat (17/9/2021).

Cayhono menjelaskan, pada UKW di angkatan 33 dan 34 ini, akan dilaksanakan pada dua sesi di hari yang berbeda. "Yaitu di tanggal 16-18 September 2021 dan 20-21 September 2021," jelasnya.

Uji Kompetensi Wartawan 2

Sementara itu, Wakil MPR RI, Ahmad Basarah yang memberikan bekal dan pesan pada para peserta UKW mengungkapkan bahwa Pers adalah penyambung lidah rakyat, sekaligus penyambung lidah MPR RI.

Dengan adanya UKW ini, menurut Basarah adalah sebuah kunci guna menjaga kualitas dan kompetensi para jurnalis tersebut."Standar kompetensi yang memadai menjadi alat ukur profesionalitas wartawan," ungkapnya.

Oleh karena itu, Basarah berpesan agar PWI bisa menjadi organisasi yang bermartabat dan dapat mengayomi para jurnalis.

Terlebih, di tengah perkembangan industri informasi digital yang pesat, saat ini setiap orang bisa dengan mudah menjadi wartawan. Oleh karena itu, kompetensi ini menjadi hal penting untuk mengetahui kompetensi mereka masing-masing.

"Banyak orang yang menyampaikan informasi dengan perspektifnya sendiri, misalnya lewat Youtube. Tapi informasi tersebut kan belum tentu bisa dipertanggung jawabkan," bebernya.

Ahmad Basarah pun mengajak para jurnalis yang hadir di pra Uji Kompetensi Wartawan dan industri pers untuk bisa membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat. "Banyak perusahaan media gulung tikar akibat pandemi. Oleh karena itu, mari gotong-royong menyelamatkan nasib Indonesia untuk bangkit dari pandemi Covid-19," pungkasnya.

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sukabumi just now

Welcome to TIMES Sukabumi

TIMES Sukabumi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.